Sunday, May 20, 2012

Perform TIBAN SULUH

                                                               Alat-Alat Tiban Suluh

Kemarin tepatnya tanggal 19 Mei 2012, Laboratorium KOMPENYUL (Komunikasi dan Penyuluhan) mengadakan perform TIBAN SULUH, dimana acara tersebut merupakan rangkaian dari acara praktikum MEDIA KOMUNIKASI.

Saya sampai pada TKP jam setengah sembilan, diuandangan tercantum jam 07.00 WIB, tapi alhamdulillah, waktu saya datang yang perform Tiban Suluh baru kelompok pertama (kebiasaan ngaret). heheheee..

Inilah kelebihan Fakultas Pertanian, selain ada kuliah disini juga ada praktikum. Mata kuliah media komunikasi ini salah satunya. Dimata praktikum ini, mahasiswa diajarkan beberapa softskill yakni menjadi pembawa acara radio (Fakultas Pertanian memiliki radio yang disebut RADIS FM), membuat film (di naungi oleh ADVIS) dan yang terakhir adalah Perform Tiban Suluh (di naungi oleh Tiban Suluh).

Pada praktikum yang dinaungi tiban suluh ini, saya menjadi menjadi salah satu pendamping praktikan. Pada praktikum ini mahasiswa diajarkan bagaimana membuat skrip (naskah drama) yang terbagi menjadi beberapa babak dan pesan yang akan disampaikan, diajarkan juga bagaimana cara memainkan alat-alat yang ada di Tiban Suluh (untuk mengiringi lakon/aktor saat perform). Setiap kelompok memiliki tema yang berbeda, tergantung komoditas yang telah di tentukan oleh laboratorium Kompenyul (Kelompok yang saya bimbing temanya adalah "Padi Organik"). Tema itu menjadi acuan sekaligus batasan mahasiswa dalam membuat skrip untuk perform tiban suluh.

                                         Perform Tiban Suluh dengan Tema Komoditas "LELE"

                            Perform Tiban Suluh Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember

Ini adalah dokumentasi yang saya ambil dari salah satu kelompok perform tiban suluh, kelompok ini menampilkan drama yang sengaja menyindir asisten yang ada di Laboratorium Komunikasi dan Penyuluhan dengan nama aktor dan perawakan yang mirip dengan asisten di laboratorium Kompenyul.

Kelompok ini adalah kelompok yang meraih juara 2, dan kelompok yang saya bimbing meraih juara 1. Alhamdulillah :)

Saya bangga menjadi Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember, karena foto-foto diatas tidak akan ada di fakultas atau kampus lain, jika pun ada, itu merupakan kegiatan ekstra kampus, bukan merupakan mata kuliah. :)

Saya bangga melihat adik-adik saya tampil total dengan apa yang mereka bawakan. Ada yang berceritakan tentang kerajaan, maka mereka pun menggunakan kostum selayaknya drama kolosal yang di tayangkan di TV. Mahasiswa diatas yang menggunakan kebaya coklat adalah mahasiswa yang berperan sebagai laki-laki yang feminin. Terlihat bahwa dia sangat PD dengan apa yang dia kenakan. Selain itu, ada juga laki-laki yang berperan sebagai perempuan, dan tanpa ragu dia mengenakan sandal high heels, lipstik, bedak, bulu mata tambahan, tas tangan dan tentunya baju wanita. Ada juga mahasiswa yang berperan sebagai pocong, kostum yang digunakan adalah mukenah milik emaknya. hahahhaaaa.. Sungguh menggelikan sekaligus membanggakan..

Tidak sia-sia saya menghabiskan weekend saya di area parkiran Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian mulai jam setengah 9 sampai jam setengah 3 sore.

Hidup Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jember!!!

I LOVE AGRIBISNIS!!
Share it To Your Friend:

Related Post:

0 komentar:

Post a Comment