Sebagaimana
yang dikatakan oleh William J. Stanton (1993:7) bahwa pemasaran
adalah ” suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan
barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat
ini maupun konsumen potensial”. Dari definisi tersebut dapat diketahui
bahwa dalam pemasaran terdapat empat unsur pokok kegiatan pemasaran yakni
produk, harga, promosi dan distribusi yang dimana satu sama lain saling berkaitan.
Sehingga untuk menciptakan pemasaran yang baik dan berhasil dalam mencapai
tujuan perusahaan serta memberikan kepuasan terhadap konsumen, maka keempat
unsur tadi perlu dirancang sebaik mungkin terutama dengan memperhatikan apa
yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen sesuai dengan konsep pemasaran.
Konsep Bauran Pemasaran Pada Roti Goreng Cokelat Mini adalah salah satu contoh pengaplikasian konsep marketing mix pada kehidupan sehari-hari.
Konsep Bauran Pemasaran Pada Roti Goreng Cokelat Mini adalah salah satu contoh pengaplikasian konsep marketing mix pada kehidupan sehari-hari.
Kotler
(2000) mendefinisikan bahwa “bauran pemasaran adalah
kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran
pemasarannya dalam pasar sasaran“. Sedangkan Jerome Mc-Carthy dalam
Fandy Tjiptono (2004) merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 P (Product,
Price, Promotion dan Place).
Product (Produk).
Product (Produk).
Merupakan
bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui
pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja
(baik yang berwujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan
potensial untuk.memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu. Produk merupakan
semua yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh dan digunakan atau
dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang berupa fisik,
jasa, orang, organisasi dan ide.
Price
(Harga)
Bauran
harga berkenaan dcngan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga,
struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara
berbagai kelompok pelanggan. Harga menggambarkan besarnya rupiah yang harus
dikeluarkan seorang konsumen untuk memperoleh satu buah produk dan hendaknya
harga akan dapat terjangkau oleh konsumen.
Promotion (Promosi)
Bauran
promosi meliputi berbagai metode, yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan
Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat. Menggambarkan berbagai macam cara yang
ditempuh perusahaan dalam rangka menjual produk ke konsumen.
Saluran Distribusi (Place)
Merupakan
keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para
pelanggan. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan
outlet yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk.
Daftar Pustaka :
Kotler
dan Armstrong, (terjemahan Alexander Sindoro), 2000, Dasar-dasar Pemasaran,
Prenhallindo, Jakarta.
Fandy
Tjiptono, 2004, Pemasaran Jasa, Bayu Media Malang.
William J. Stanton (1993)
0 komentar:
Post a Comment